Senin, 16 Mei 2016

Ekspresi Metaforis yang Elegan



                                 Judul            : Perempuan-Perempuan
                              Penulis          : Ana Mustamin
                              Penerbit        : TRIZAHBOOKS
                              Tahun Terbit : Maret 2016
 Tebal Buku   : 179 halaman


Setiap penulis memiliki gaya dan warna yang menjadi ciri khas di tiap karyanya. Bila Ahmad Tohari menghiasi tiap cerita dengan kalimat-kalimat informatif dan deskriptif, yang terkesan membangun suasana pedesaan. Maka, Ana Mustamin membangun suasana sebagian besar ceritanya dengan metafora. Tentu saja, bukan metafora yang sudah klise dan basi. Tetapi, elegan.
Perhatikan saja, misalnya : Dan kepedihan serta kelelahan begitu mudah menetaskan kerapuhan dan kepitaman (hlm. 34)/ Ada kilat yang nyala di angkasa, lantas mati di penghujung cakrawala. Guruh secara runtun melukai keheningan langit. Musim yang rapuh, batin Utami, seperti hatiku. Suara yang keras dan berat milik papa senantiasa membuatnya gagal memaki Utari. Ia seolah datang untuk memangkas habis pita suaranya, memaksanya berdiri di pihak yang lemah. Selalu begitu. (hlm. 35)/ Lalu di sinilah ia sore ini. Berjalan kaki sendirian. Menceburkan diri dalam kawah riuh Sudirman. Melangkah lamat-lamat, seperti anak jalanan yang terlantar ditinggal ibunya yang melacur. Ia enggan mengejar bayangan orang-orang bergegas. Orang-orang yang setiap hari menghitung gemerincing rupiah di balik gedung-gedung pencakar langit, wajah yang memelihara was-was ketika rupiah berakrobat di pasar uang. (hlm. 112)// dan seterusnya.
  Sudah pasti, tiap cerita wajib memiliki persoalan. Dan, meskipun perkara kehidupan manusia tidak pernah lepas dari cinta, rindu, dendam, keangkuhan, kebencian, dan sebagainya, tetapi Ana Mustamin bisa menciptakan kisah yang membius pembacanya untuk tetap setia hingga akhir. Bahkan cenderung membuat horison harapan pembaca terkecoh sehingga membuat akhir cerita  seperti tak terduga.
Mengutip kata pengantar oleh Maman S Mahayana bahwa cerpen atau karya sastra pada umumnya tidak sekadar menyampaikan sebuah pesan tetapi juga mempresentasikan ideologi penulisnya. Dalam hal ini, Ana Mustamin tidak menunjukkan semangat, passion, dan keberpihakan pada posisi perempuan atau laki-laki, melainkan pada penyikapan manusia dalam menjalani kehidupan. Ia tidak latah memperjuangkan ideologi tertentu, sebab semangatnya berorientasi pada manusia dan kemanusiaan.
Demikianlah. Bila ingin mengetahui analisa tiap cerita dalam himpunan cerpen ini, melalui kata pengantarnya, Maman S Mahayana sudah menjabarkannya dengan ciamik. Pun sekedar mengikis rasa penasaran bagaimana proses kreatif dan riwayat cerita-cerita dalam buku ini, Ana Mustamin dengan jujur membeberkannya dalam bab Di Balik Cerita.
                                                                                                            
                                                                                                             By : Ganda Rudolf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar